Read more: http://www.uzumaki-popey.com/2013/01/cara-membuat-blog-agar-tidak-bisa-di.html#ixzz2SfJqaQPO


RINGKASAN MATERI HASIL PRESENTASI

            Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama negara di kawasan Asia Tenggara, dan berada pada urutan ke-3 di antara Negara-negara yang sedang berkembang (215,27 juta jiwa), setelah Cina (1,306 milyar jiwa) dan India (1,068 milyar jiwa). Masalah kependudukan di Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar dan distribusi yang tidak merata. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi telah membatasi kesempatan untuk menyempurnakan standar hidup dan kualitas kehidupan manusia. Selain itu, tingkat pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali telah mengakibatkan munculnya kawasan-kawasan permukiman kumuh dan liar. Untuk mencapai upaya penanganan yang berkelanjutan tersebut, diperlukan penajaman tentang kriteria permukiman kumuh dan squatter dengan memperhatikan kondisi sosial ekonomi masyarakat serta lingkungannya.
            Suatu wilayah dengan pertambahan penduduk yang pesat dapat menyebabkan masalah- masalah pendidikan, pengangguran, kesenjangan sosial dan masalah-masalah lainnya. Dengan jumlah penduduk yang besar maka fasilitas-fasilitas sosial, pendidikan dan pekerjaan juga ikut meningkat. Jika penduduk di suatu kota yang padat tidak terpenuhi fasilitas pendidikannya maka akan menyebabkan penurunan tingkat pendidikan wilayah tersebut. Tingkat pendidikan yang rendah dapat menyebabkan pengangguran sehingga dampak pada tingkat perekonomian juga memburuk. Jika masalah ini terus diabaikan maka kemerosotan negara tidak dapat dihindari. Tingkat pendidikan yang buruk dapat menyebabkan anak-anak mengalami depresi. Hal ini memicu terjadinya pekerjaan-pekerjaan yang tidak layak dilakukan oleh anak-anak di bawah umur. Bahkan dampak lain dari masalah ini bisa menyebabkan tingkat tindakan kriminal yang dilakukan anak-anak meningkat.
            Pertumbuhan Penduduk yang tidak merata tersebut sangat berpengaruh dengan lingkungan, penduduk yang tinggal dipemukiman yang sembarangan akan mengakibatkan lingkungan yang tidak bersih. Lingkungan yang tidak dijaga akan mengakibatkan penyakit yang dapat mengacam kesehatan manusia, misalnya penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan adalah Malaria, Muntaber, Penyakit Kulit, Tifus, dll. Seperti banjir, polusi air, dan polusi udara adalah faktor yang mengakibatkan terjadinya penyakit, jika lama kelamaan manusia tidak memperhatikan lingkunganya maka sangat besar peluang penyakit menyebar, dalam hal ini kesadaran manusia sangat dibutuhkan, kita diharapkan perlu adanya sosialisasi kepada penduduk tentang pemukiman yang sehat dan adanya jaminan kesehatan bagi masyarakat luas dari pemerintah dan pemerintah haruslah meningkatkan pendidikan kesehatan bagi masyarakat, dan yang paling penting diperhatikan pemeintah adalah pelayanan kesehatan masyarakat yaitu dengan menciptakan klinik disetiap pemukiman penduduk.
            Tingginya laju pertumbuhan penduduk dan angka kelahiran di Indonesia, diperparah dengan pola penyebaran penduduk yang tidak merata. Jika semua itu, tidak segera dikendalikan, maka hal itu akan jadi beban buat kita semua. Karena itu, baik pria maupun wanita harus memaksimalkan program KB. Salah satu wabah penyakit yang melanda negara-negara yang sedang berkembang ialah kemiskinan beserta saudara kembarnya, yaitu keterbelakangan. Kemiskinan dan keterbelakangan adalah suatu penyakit, karena dalam kenyataannya dua hal itu melemahkan fisik dan mental manusia yang tentunya juga berdampak negative terhadap lingkungan. 

MINDMAP



TANGGAPAN

            Berdasarkan presentasi yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa masalah kependudukan khususnya di Indonesia harus mendapat perhatian lebih karena dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia itu sendiri beserta lingkungannya. Tingkat pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali telah mengakibatkan munculnya kawasan-kawasan permukiman kumuh dan liar sehingga mengakibatkan turunnya kualitas pemukiman disamping bertambahnya limbah rumah tangga. Pertambahan penduduk yang cepat, lepas daripada pengaruhnya terhadap kualitas dan kuantitas pendidikan, cenderung untuk menghambat perimbangan pendidikan. Kekurangan fasilitas pendidikan menghambat program persamaan atau perimbangan antara pedesaan dan kota, dan antara bagian masyarakat yang kaya dan miskin. Selain itu masalah kepadatan penduduk di Indonesia diperparah dengan persebaran penduduk yang tidak merata. Hal ini mengakibatkan penduduk miskin mengalami kelaparan dan kekurangan gizi. Masalah yang timbul akibat kependudukan di Indonesia sangat berpengaruh bagi pembangunan. Dampaknya, bukan hanya menimbulkan masalah-masalah sosial seperti tingginya tingkat pengangguran, tindakan kriminal, kemiskinan, dan lain sebagainya, namun juga dapat menimbulkan kerusakan lingkungan seperti tidak adanya ruang terbuka, polusi, dan pencemaran.
            Indonesia belum berhasil untuk mensejahterakan penduduknya, karena masih banyak masyarakat yang tergolong pada kriteria kurang mampu, miskin, banyak anak, dan lingkungan yang kurang memadai. Jika dilihat dari tingkat pendidikan, masyarakat yang tergolong kurang mampu tidak mendapat fasilitas yang memadai disamping tingkat kesadaran untuk bersekolah yang rendah. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya anak usia sekolah yang mencari nafkah dengan cara mengamen atau yang lebih ekstrimnya dengan mencuri. Hal tersebut dilakukan karena masyarakat yang tergolong miskin dituntut bertahan hidup disamping skill mereka yang rendah dan tidak mampu bersaing. Masalah kependudukan tersebut harus segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak yang lebih besar lagi. Upaya untuk mengatasi masalah kependudukan tersebut yaitu dengan program KB, pemerataan penduduk, peningkatan pembangunan, penciptaan tenaga kerja, peningkatan produksi pangan,  peningkatan fasilitas-fasilitas untuk masyarakat yang tergolong miskin seperti fasilitas kesehatan, pemukiman, pendidikan. Upaya-upaya tersebut apabila konsisten dijalankan oleh pemerintah, maka masalah kependudukan di Indonesia dapat segera diatasi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Hello Blogwalking :D Welcome to My Blog. Enjoy!!